Besi Sisa Jangan Disisakan dengan Bar Bending Schedulle (BBS)


Jangan katakan proyek anda sukses jika sisa material (stok besi) anda menumpuk
1 batang besi yang tidak digunakan (sisa) = uncash benefit (keuntungan dalam stock barang).
1 potong sisa besi (berapapun panjangnya) = uncash benefit (harga besi tua)

Untuk menjadikannya cash benefit ada sejumlah cost yang perlu anda keluarkan

Semakin tinggi uncash benefit  semakin tinggi cost yang harus dikeluarkan

Dari semua proyeknya hampir tidak ada sisa besi yang utuh dan itupun dalam potongan kecil. Dari tabel diatas anda dapat lihat berapa nilai sisa untuk setiap batangnya.

Misalkan anda hitung besi secara parsial menurut urgensi proyek, pekerjaan pondasi dan sloof, berikutnya kolom, balok dan lantai dan akhirnya anda dapat nilainya 100. Dan BBS juga ngitungnya 100 dari awal sebelum proyek dimulai, terus dimana letak bedanya.

Bedanya ada pada harga perkilonya. Beli 100 dengan cicilan dengan beli 100 tanpa cicilan akan beda harga per kilonya dan akan ada penambahan dari ongkos kirim dan  bongkar muatnya.

Dengan menggunakan tenaga BBS tidak sebatas mengetahui seberapa batang kebutuhan dan panjang sisanya tapi dapat membuat perencanaan besi lebih teliti, dapat mensupplay semua kebutuhan besi, mengganti diameter.
Menurut beberapa penelitian yang dilakukan material besi merupakan yang memberikan nilai sisa paling tinggi diantara sisa material lainnya sekitar 30 – 45% dari total nilai sisa. Cukup besar.

PENTING!!! JANGAN SISAKAN stock MATERIAL ANDA